cover
Contact Name
Arief Setyawan
Contact Email
arief.setyawan@trunojoyo.ac.id
Phone
+6285702411446
Journal Mail Official
metalingua.pbsi@trunojoyo.ac.id
Editorial Address
Program Studi PBSI, Universitas Trunojoyo Madura Jl. Raya Telang, Kamal - Bangkalan Location: Bangkalan, Jawa Timur
Location
Kab. pamekasan,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua
ISSN : 25284371     EISSN : 25286684     DOI : https://doi.org/10.21107/metalingua
Core Subject : Education,
Metalingua journal is a journal that focuses on the problems that occurred in the field of education, language, and Indonesian literature. Metalingua facilitate the research of teachers, lecturers, postgraduate research students and experts who participate actively in the Indonesian language and literature education.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 2 (2019): Metalingua, Edisi Oktober 2019" : 7 Documents clear
PENINGKATKAN KOMPETENSI LITERASI ANTIRADIKALISME MELALUI PENULISAN CERITA RAKYAT DENGAN APLIKASI BABOO Yanuar Bagas Arwansyah; Urip Muhayat Wiji Wahyudi
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua Vol 4, No 2 (2019): Metalingua, Edisi Oktober 2019
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (845.01 KB) | DOI: 10.21107/metalingua.v4i2.6134

Abstract

Peningkatan kemampuan masyarakat dalam memahami informasi yang diterimanya menjadi salah satu sarana untuk mencegah masuk dan berkembangnya paham radikalisme di dalam masyarakat.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran menulis cerita rakyat dengan aplikasi Baboo dalam meningkatkan kompetensi literasi antiradikalisme siswa sekolah dasar. Hasil dari uji ahli pertama dan ahli kedua dalam penelitian ini menunjukkan bahwa penulisan cerita rakyat berlandaskan ideologi Pancasila dengan aplikasi Baboo mendapat nilai sangat baik. Ahli pertama yang mengamati tentang kelayakan penggunaan media memberi nilai 92 (sembian puluh dua), sementara ahli kedua yang mengamati tentang kelayakan materi cerita rakyat memberi nilai 90 (sembilan puluh). Bahan ajar kumpulan cerita rakyat juga terbukti mampu meningkatkan kompetensi literasi antiradikalisme ditunjukkan dari peningkatan nilai hasil dari pre-test dan post-test tentang antiradikalisme, yang mana nilai rata-rata pre-test yaitu 55 (lima puluh lima) dan nilai rata-rata post-test siswa 90 (sembilan puluh). Produk dari penelitian ini berupa buku kumpulan cerita rakyat berlandaskan ideologi Pancasila sebagai bahan ajar. Setelah dilakukannya uji oleh kedua ahli tersebut, selanjutnya dilakukan uji oleh praktisi yaitu dengan melaksanakan Focus Group Discussion (FGD), berdasarkan hasil FGD disimpulkan bahwa buku kumpulan cerita rakyat dan cerita rakyat online dalam aplikasi Baboo dinyatakan layak digunakan sebagai bahan ajar di sekolah dasar. Produk akan diimplementasikan oleh guru dan mahasiswa PGSD Universitas PGRI Yogyakarta sebagai bahan ajar di sekolah dasar.
APLIKASI ANDROID ‘SMART TECHNICAL ENGLISH’ UNTUK MENINGKATKAN KEAHLIAN BAHASA INGGRIS MAHASISWA VOKASI Dian Asa Utari; Miftachudin Miftachudin; Muhammad Khoirul Hasin
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua Vol 4, No 2 (2019): Metalingua, Edisi Oktober 2019
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1171.658 KB) | DOI: 10.21107/metalingua.v4i2.6129

Abstract

Di era global saat ini lulusan politeknik harus bersaing semakin ketat dengan semakin banyak pekerja asing yang memiliki kemampuan komunikasi yang unggul. Agar lebih unggul, lulusan politeknik wajib menguasai bahasa asing internasional yaitu Bahasa Inggris sebagai persiapan mereka memasuki dunia kerja. Namun pada kenyataannya, skill Bahasa Inggris yang dimiliki oleh mahasiswa politeknik masih kurang, terutama dalam keterampilan berbicara (speaking) dan menulis (writing). Beberapa faktor yang berpengaruh dalam peningkatan kemampuan Bahasa Inggris di pendidikan vokasi adalah metode pembelajaran yang interaktif dan penggunaan teknologi yang tepat untuk memotivasi mahasiswa dalam belajar Bahasa Inggris. Oleh karena itu peneliti ingin mengembangkan aplikasi ‘Technical English’ berbasis Android yang telah ada dengan menambahkan fitur listening, writing dan toeic-based quiz untuk mendukung pembelajaran Bahasa Inggris Teknik di politeknik. Aplikasi ini diharapkan akan menjadi media pembelajaran yang dapat meningkatkan speaking, writing, dan listening skill mahasiswa dalam berkomunikasi menggunakan istilah-istilah di bidang Teknik. Materi Bahasa Inggris Teknik dalam aplikasi ini juga didukung oleh visual gambar yang menarik dan menunya disesuaikan dengan setiap Program Studi. Sehingga, dengan aplikasi ini mahasiswa diarahkan agar lebih termotivasi dalam belajar Bahasa Inggris diluar kelas seperti halnya ketertarikan mereka terhadap permainan atau games online. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yaitu mengembangkan aplikasi ‘Technical English’ berbasis Android untuk memudahkan mahasiswa dalam belajar Bahasa Inggris Teknik. Software yang digunakan penelitian ini adalah React Native dan metode pengembangannya menggunakan model System Development Life Cycle (SDLC) dengan pendekatan Waterfall.
PENGARUH MODEL QUANTUM WRITING DENGAN MEDIA RUBRIK CARTOON JAWA POS TERHADAP KREATIVITAS MENULIS TEKS ANEKDOT SISWA KELAS X IPA SMAN 1 MOJOSARI-MOJOKERTO TAHUN AJARAN 2014/2015 Putri Cahyani; Ismu Winarni
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua Vol 4, No 2 (2019): Metalingua, Edisi Oktober 2019
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (976.263 KB) | DOI: 10.21107/metalingua.v4i2.6135

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kreativitas siswa yang rendah dalam kegiatan menulis teks anekdot. Model Quantum Writing dengan media rubrik Cartoon Jawa Pos digunakan untuk meningkatkan kreativitas siswa dalam menulis teks anekdot. Sintaks model Quantum Writing yakni Pusatkan Pikiran, Atur, Karang, Hebat. Media rubrik Cartoon Jawa Pos diterapkan pada sintaks pertama pada model Quantum Writing. Melalui model pembelajaran Quantum Writing siswa dilatih menulis dengan memanfaatkan kecerdasan otak kanan, sedangkan media gambar cartoon dalam penelitian ini berfungsi untuk merangsang munculnya ide. Rumusan masalah dalam penelitian ini yakni, (1) bagaimana kreativitas menulis teks anekdot siswa kelas X IPA SMAN 1 Mojosari-Mojokerto tahun ajaran 2014/2015 sebelum penerapan model Quantum Writing dengan media rubrik Cartoon Jawa Pos?, (2) bagaimana kreativitas menulis teks anekdot siswa kelas X IPA SMAN 1 Mojosari-Mojokerto tahun ajaran 2014/2015 sesudah penerapan model Quantum Writing dengan media rubrik Cartoon Jawa Pos?, (3) Bagaimana perbedaan kreativitas menulis teks anekdot siswa kelas X IPA SMAN 1 Mojosari-Mojokerto tahun ajaran 2014/2015 yang diberi perlakuan dan tanpa diberi perlakuan model Quantum Writing dengan media rubrik Cartoon Jawa Pos?, (4) bagaimana respons siswa kelas X IPA SMAN 1 Mojosari-Mojokerto tahun ajaran 2014/2015 setelah penerapan model Quantum Writing dengan media rubrik Cartoon Jawa Pos dalam pembelajaran menulis teks anekdot?. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan desain control group pretest and posttest design. Terdapat dua kelompok pada proses penelitian ini, yakni kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Kelompok yang diberi perlakuan berupa penerapan model dengan media hanya kelompok eksperimen. Hasil penghitungan dengan uji-T menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pembelajaran pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Berdasar pada penghitungan uji-T, diperoleh db=73, T=5,1. Dengan melakukan pengetesan satu ekor pada t tabel diperoleh 2,00, maka maka  = 5,1 lebih besar dari 2,00. Hasil penghitungan tersebut menunjukkan bahwa t hitung lebih besar dari pada t tabel. Berdasar pada hasil penghitungan tersebut dapat disimpulkan bahwa, terdapat pengaruh positif model Quantum Writing dengan media rubrik cartoon Jawa Pos terhadap kreativitas menulis teks anekdot siswa kelas X IPA SMAN 1 Mojosari. Siswa juga menujukkan respons yang positif dalam pembelajaran yang menggunakan model quantum writing dengan media rubrik cartoon Jawa Pos. Hal tersebut dibuktikan melalui lembar angket, dari sepuluh pertanyaan yang diberikan pada siswa, enam pertanyaan masuk dalam kualifikasi “sangat baik”.
PENGARUH MEDIA IKLAN TELEVISI SIRUP MARJAN TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERPEN Ratna Dewi Kartikasari; Anggia Pratiwi
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua Vol 4, No 2 (2019): Metalingua, Edisi Oktober 2019
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (922.264 KB) | DOI: 10.21107/metalingua.v4i2.6131

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan menulis cerpen siswa, sehingga peneliti tertarik untuk meneliti penyebab rendahnya keterampilan menulis cerpen siswa, serta memberikan solusi dengan menerapkan media iklan televisi dalam pembelajaran menulis cerpen. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk memudahkan, dan mendorong keterampilan menulis cerpen siswa menggunakan media iklan televisi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen, dengan hipotesis adanya pengaruh media iklan televisi terhadap keterampilan menulis cerpen siswa. Populasi penelitian ini ialah siswa kelas XI SMAN 1 Parung, tahun 2017/2018 berjumlah 324 siswa terdiri atas 9 kelas. Sampel dalam penelitian ini diambil menggunakan teknik Probability Sampling, dengan dibagi menjadi dua kelompok. Kelas XI ipa 2 Berjumlah 30 siswa, sebagai kelas eksperimen, dan kelas XI ipa 3 berjumlah 30 siswa, sebagai kelas kontrol. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, bahwa media iklan televisi berpengaruh terhadap keterampilan menulis cerpen siswa. Hal ini dapat dilihat berdasarkan kriteria pengujian thitung lebih besar dari ttabel yaitu (2,097 lebih besar dari 2,001). Terdapat perbedaan positif antara siswa yang menggunakan media iklan televisi dengan siswa yang tidak menggunakan media iklan televisi. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi pihak-pihak terkait memanfaatkan seperti, guru, siswa, serta peneliti selanjutnya.
PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN TEKS NEGOSIASI DI SMKN3 MALANG DITINJAU DARI SEGI RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Albitar Septian Syarifudin
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua Vol 4, No 2 (2019): Metalingua, Edisi Oktober 2019
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (791.616 KB) | DOI: 10.21107/metalingua.v4i2.6132

Abstract

Teks negosiasi merupakan salah satu teks yang diajarkan dalam kurikulum 2013. Karakter dari teks ini menuntut adanya perdebatan ringan dalam hal tawar menawar. Oleh karena itu kemampuan berbicara yang baik sangat diperlukan dalam teks ini, sehingga pada proses pembelajarannya pun diperlukan pemilihan materi dan metode yang sesuai. Hal ini dilakukan untuk meminimalisasi permasalahan-permasalahan yang muncul dalam pembelajaran teks negosiasi. Berkaitan dengan hal tersebut, penelitian ini mengkaji problematika pembelajaran teks negosiasi ditinjau dari Rencana Pelaksanaan Pembelajarannya dengan mengacu pada kurikulum terbaru, yaitu Kurikulum 2013. Oleh karena itu makalah ini akan memaparkan pengamatan problem-problem yang ada di lapangan kemudian mencari solusi dari permasalahan tersebut. Penulis akan memandang problematika yang ada dalam penyususnan RPP teks negoisasi. Sekolah yang menjadi tempat observasi adalah SMK N 3 Malang. Alasan utama diplihnya sekolah ini dikarenakan SMK N 3 merupakan sekolah yang berada di kota dengan standar yang terjamin. Berdasarkan temuan-temuan problematika yang diperoleh, kemudian peneliti bermaksud untuk menelaahnya secara lebih mendalam dan berupaya mencarikan solusinya. Dengan demikan, diharapkan dari adanya penelitian ini dapat memberikan kontribusi positif terhadap perbaikan dan penyempurnaan dalam penyusunan RPP dan pelaksanaan pembelajaran, khususnya di SMKN 3 Malang dan sekolah-sekolah sederajat yang lain pada umumnya.
GANGGUAN BERBAHASA TOKOH ABANG DALAM FILM RECTOVERSO “MALAIKAT JUGA TAHU” (KAJIAN PSIKOLINGUISTIK) Nia Ifatul Mufidah; Mixghan Norman Antono
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua Vol 4, No 2 (2019): Metalingua, Edisi Oktober 2019
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1068.406 KB) | DOI: 10.21107/metalingua.v4i2.6133

Abstract

Diistilahkan spektrum autisme atau Autisme Spectrum Disorder (ASD) karena terdapat variasi yang sangat beragam antar penyandangnya. Masing-masing memiliki kemampuan, sintoma dan kesulitan yang unik baik dalam keterampilan sosial, berkomunikasi dan berperilaku. Penelitian ini dilakukan dengan menyimak dan kemudian mencatat hal penting yang berhubungan dengan gangguan berbahasa yang akan diteliti yakni mengenai autisme dalam film Rectoverso “Malaikat Juga Tahu”. Dapat diketahui bahwa dalam film Rectoverso “Malaikat Juga Tahu” berkisah tentang Abang yang memiliki keterbatasan mental yang mempunyai kebiasaan menyusun sabun menyerupai piramida sampai jumlahnya seratus dan dia selalu menjadwal warna baju yang mau dia cuci berdasarkan hari. Dia belum bisa berkomunikasi verbal dengan benar. Hanya mampu mengujarkan bahasa yang biasa dipakai sebagai penunjang kegiatan rutinitasnya. Dia berusia 38 tahun namun dalam dirinya bersemayam mental anak usia empat tahun. Segala aspek komunikasi sulit dicapai penyandang autisme, kecuali aspek fonologis yang sebagian penyandang tetap dapat dikuasai. Perkembangan keterampilan bahasanya tidak saja mengalami keterlambatan tetapi juga penyimpangan.
MAKNA DAN NILAI AJARAN BUDI PEKERTI MANTRA DALAM TRADISI MAGUTI Kodrat Eko Putro Setiawan
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua Vol 4, No 2 (2019): Metalingua, Edisi Oktober 2019
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21107/metalingua.v4i2.6128

Abstract

Mantra merupakan ucapan yang memiliki kekuatan gaib. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan makna mantra dan nilai ajaran budi pekerti yang terkandung dalam tradisi Maguti. Metode dalam penelitian ini ialah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi partisipatif, wawancara, studi dokumen dan studi kepustakaan. Hasil penelitian ini antara lain: makna mantra yang terkandung dalam tradisi Maguti ialah siraman pertama/tanggal satu cahaya wajah anak belum begitu bercahaya, sampai akhirnya tanggal limabelas bercahaya seperti bulan purnama; memperingati berasalnya dari bapak (putih) ibu (merah) atau air dan ari-ari sukma yang menjaga jiwa dan raganya anak yang dipaguti; memperingati saudara tua, orang yang melahirkan pertama itu mengeluarkan air dan daging yang menempel pada pusar; memperingati nabi dan rasul, istri dan anaknya, serta sahabatnya Usman, Umar, Syaidina, Ngali; memperingati ibu Dewi Fatimah yang menjadi contoh semua perempuan; memperingati leluhur perempuan laki-laki yang bertempat di kiblat empat lima pancer; memperingati para leluhur laki-laki perempuan, tua-muda, jauh-dekat dimintai doa restu yang baik; memperingati nabi Sulaiman yang menguasai dedaunan, kayu, air, ayam/semua hewan yang disembelih untuk perlengkapan; semua perlengkapan untuk memperingati tujuh hari. Nilai ajaran budi pekerti yang terkandung adalah tumbuhnya disiplin diri; mampu berpikir positif; menumbuhkan cinta dan kasih sayang, rasa saling menghormati, memiliki tata krama dan sopan santun; menaati ajaran agama dan mengembangkan sikap toleransi; memiliki rasa tanggung jawab; rasa bakti kepada orang tua; mengembangkan etos kerja dan belajar. 

Page 1 of 1 | Total Record : 7